TRAXMAGZ.com
FOLLOW US ON:
Facebook Twitter Google Plus
Loading
ADVERTISER / SUBSCRIBERS

Review Album : SOUND CLASH VOL.1



05 JANUARI 2016


Dani Febrian Alzamendi

dok. istimewa

dok. istimewa

 

V/A

SOUND CLASH VOL.1

71 records

***

 

Tiga grup berada dalam satu rilisan kompilasi yang sama, menganut jenis musik yang sedikit mirip namun tetap memiliki keunikan masing-masing, karena ketiganya mampu dengan baik tampil sebagai sebuah grup yang memiliki identitas kuat dengan roots yang beragam!

 

Sekilas terdengar seragam, namun warna rock steady, ska, dan reggae yang terdapat dalam rilisan ini memiliki identitas masing-masing. Ketiga band yang merilis album kompilasi ini adalah D' Jenks, James Steady, dan The Ska Banton, ketiganya berbagi durasi dalam satu rilisan yang sama. Tak ada yang istimewa dari segi kover hanya memampang gambar radio tape zaman dulu dengan balutan warna kuning. Terdapat perbedaan mendasar dari sisi beat yang digunakan, D`jenks memilih lebih enerjik dengan balutan 2 tone ska yang populer di tahun 1970-an, trek pertama album ini berjudul 'I Wanna Skank', lagu ini membuka pendengaran album ini dengan warna yang happy sepanjang trek, jurus tiga kunci yang dimainkan dengan cengkok reggae namun terdengar lebih cepat menjadi kunci keceriaan lagu ini, terlebih ketika liriknya yang bertema nyeleneh bin seronok dilantunkan, lagu ini cocok menjadi pembuka album dengan aura keceriaannya. Trek dua dari D' Jenks lebih catchy dimana campuran sedikit kegelapan suram yang menyelimuti bagian gitarnya terasa sangat asik mewarnai tiap detik yang terjadi dalam lagu bertajuk 'You Make Me Get Fall' yang diparkir di trek empat.

 

Menengok salah satu musik yang sempat dimainkan oleh The Wailers, inilah dia James Steady. Dua lagu dari James Steady sangat apik, rock steady-nya tergolong mudah didengar karena memang memiliki susunan nada yang amat catchy di kedua lagunya. 'Riot City Rockers' mengalir sangat mabuk melambaikan tema punk yang menceritakan mengenai kota yang rusuh. Walaupun diperlambat temponya lagu ini masih akan membuat saraf motorik Anda bergoyang. Bass dalam lagu ini mengalir sangat nyaman, begitu juga yang terjadi di lagu kedua James Steady dalam album ini yang bertajuk 'Shake Me Dance'. Terakhir The Ska Banton menyuguhkan materi yang tak jauh berbeda dengan kedua band yang telah dibahas namun The Ska Banton dalam album ini memilih memasukkan unsur funk/blues, ketukan drum tembang 'City Dance Town' pada sesi pelemasan alias bridge cukup menjadi dinamika pembeda antara The Ska Banton dan dua band lainnya di dalam rilisan berisi enam trek ini. Ketiga grup membawakan materi yang berbeda-beda, two thumbs up pada ketiganya karena berhasil menimbulkan identitasnya masing-masing dan tak satupun seragam terdengar di telinga. ~BIMA

COMMENTS

VIDEO

You need Flash player 8+ and JavaScript enabled to view this video.
Trax_Plug_n_Play_small

TWITSTREAM